Friday, August 21, 2009

aturan dasar protokol

Coba perhatikan, saat ada acara-acara resmi atau acara kenegaraan biasanya para tamu akan memasuki ruangan dengan urutan dan posisi tertentu. Tentu urutan tersebut tidak asal saja ditetapkan. Ada aturan tertentu yang disebut protocol untuk menetapkannya. Kalau Anda ingin tahu, berikut penjelasan singkatnya.


apakah protokol itu?
Protokol berasal dari bahasa Yunani protos yang berarti lembar pertama dan kolla yang berarti melekatkan. Protokol adalah suatu rule of politeness yang berisi aturan, hukum, atau perjanjian yang telah disepakati bersama dalam hubungan diplomatik antarnegara. Protokol juga merupakan etiket resmi berbagai upacara kenegaraan yang sarat tata tertib: tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan.

sejak kapan protokol berkembang?
Sejarah protokol tak bisa lepas dari sejarah seni diplomatik yang berkembang sejak zaman Romawi. Sejarah perkembangan diplomasi baru menanjak pesat sejak tahun 1815, karena sejak itu peraturan-peraturan baru yang mengatur klasifikasi petugas-petugas diplomatik disahkan dalam Konvensi Wina. Jadi, sejak saat itu juga perkembangan protokol terus melesat.

apakah yang penting dalam protokol?
Aspek yang penting adalah masalah tata upacara, tata penghormatan, tata pengaturan tempat atau préséance(bahasa Prancis). Di sini diatur siapa yang berhak mendapatkan prioritas dalam urutan pengaturan tempat. Kemudian, hal ini dikenal dengan istilah “tata urutan” atau “tata tempat” yang merupakan ketentuan tertulis tentang penentuan urutan dan teknik pelaksanaannya dalam berbagai upacara atau pertemuan resmi. Oleh karena itu, menjawab RSVP dalam undangan-undangan resmi atau jamuan makan duduk adalah hal yang teramat sangat penting!

siapa saja yang menjadi prioritas?
Mereka yang memiliki jabatan dan pangkat tertentu (VIP—very important person) dan juga memiliki derajat tertentu (VIC—ver important citizen) biasanya mendapatkan hak untuk didahulukan dalam urutan. Umumnya kedudukan itu diperoleh dari pemilikan tanda jasa, dan jabatan.

Related Posts by Categories



1 comment :

  1. makasih..salam kenal..kunjungi saya juga ya
    www.nofrion121001.blogspot.com atau www.nofrionsikumbang.wordpress.com

    ReplyDelete

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]