Friday, August 21, 2009

tata cara makan di restoran

Siapa tak suka makan di restoran alias resto? Mencoba resto baru mungkin sudah jadi menu wajib bagi sebagian dari Anda semua di akhir pekan. Terkadang resto juga jadi tempat rapat atau bertemu calon klien. Hal-hal kecil berikut, bisa membuat saat-saat menikmati resto menjadi saat yang bertambah menyenangkan.

aturan main umum

1. Buatlah reservasi bila perlu.

2. Datanglah tepat waktu. Artinya, datanglah lima sampai sepuluh menit lebih awal dari waktu reservasi. Bila Anda mengundang orang lain, datanglah lebih awal dari tamu Anda.

3. Jangan langsung duduk di meja sebelum ditunjukkan oleh pelayan.

4. Jangan berbicara atau mengobrol terlalu keras. Orang lain tidak perlu dan belum tentu ingin mendengarkan pembicaraan Anda!

5. Siapkan pembayaran yang tepat. Pastikan Anda punya cukup uang tunai kalau resto yang Anda tuju memang tidak menerima kartu kredit atau debit.
kalau mengundang orang lain

1. Survei dulu menu resto yang akan Anda pilih. Anda bisa saja menanyakannya per telepon. Banyak restoran yang juga tidak keberatan mengirimkan daftar menu mereka melalui faks.

2. Agar semua pihak menikmati acara, tak ada salahnya menanyakan jenis makanan yang disukai orang yang Anda undang. Tidak lucu kalau Anda mengundang seseorang yang alergi makanan laut ke resto Seafood, bukan?

3. Persilakan tamu Anda untuk masuk resto, dan berdirilah paling depan saat pelayan mengantarkan Anda ke meja.

4. Bila acara makan-makan ini ada hubungannya dengan pekerjaan atau pembicaraan serius lain, pilihlah meja yang lebih tenang. Biasanya meja di salah satu sudut ruangan bisa jadi pilihan.

5. Aktiflah menawarkan menu kepada orang yang Anda undang. Jangan ragu-ragu menanyakan suatu menu pada pelayan agar Anda dan tamu Anda bisa memilih dengan tepat. Kalau Anda bersikap begitu, tamu Anda pun merasa nyaman!

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]