Friday, August 21, 2009

bertamu dan menerima tamu

Punya kepentingan yang mengharuskan Anda bertamu atau menerima tamu di kantor? Inilah tujuh pasal yang mesti dipegang teguh!

pasal 1 : buat janji
Sebelum bertemu dengan seseorang, buatlah perjanjian dulu. Usahakan untuk tidak membuat perjanjian di jam-jam kerja yang sibuk. Misalnya Anda sibuk di pagi hari hingga menjelang makan siang, berkompromilah untuk menetapkan waktu temu yang menyenangkan bagi kedua belah pihak. Pastikan bahwa orang yang akan Anda temui memang memiliki waktu buat Anda. Jangan lupa untuk konfirmasi ulang sebelum Anda muncul. Siapa tahu dia mendadak punya urusan penting yang membuatnya harus membatalkan pertemuan dengan Anda!

pasal 2 : cek tempat pertemuan
Kalau Anda tidak familier dengan tempat perjanjian, cek dan pastikan tempat pertemuan dan cari tahu rute ternyaman menuju ke sana. Hindari kemungkinan tersasar dan terlambat memenuhi janji.

pasal 3 : singkat, jelas, padat
Selenggarakan pembicaraan dengan singkat, jelas, dan padat. Selalu camkan dalam otak Anda bahwa orang yang Anda temui punya sederet kesibukan lain dan akan terganggu kalau Anda berlama-lama.

pasal 4 : perhatikan penampilan
Siapa pun yang Anda temui, pastikan Anda tampil rapi, segar, dan bersih. Anda sendiri juga enggan menemui orang yang tampaknya tidak menghormati dan tidak siap bertemu dengan Anda, bukan?
pasal 5 : jaga sikap Anda
Entah Anda yang bertamu atau yang jadi tuan rumah, bersikaplah ramah dan tulus agar suasana jadi menyenangkan. Kalau situasinya sudah mendukung, dijamin pembicaraan pun bisa berlangsung mulus.

pasal 6 : terima tamu Anda di ruang tamu
Biasanya di kantor yang cukup besar, selalu ada ruang tamu. Ajaklah tamu Anda berbicara di ruang tamu yang telah tersedia (bukan di ruang rapat). Jika bukan urusan pekerjaan, tak usah berlama-lama menemuinya.

pasal 7 : curi waktu makan siang
Kalau Anda bertemu dengan teman lama dan ingin juga melepas kangen selain membicarakan masalah pekerjaan, aturlah pertemuan menjelang makan siang. Anda bisa membicarakan pekerjaan di waktu kerja dan mengobrol asyik sembari makan siang bersama.

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]