Friday, August 21, 2009

Tata krama makan

Anda kerap menghadiri undangan makan resmi? Buang bebiasan itu! Anda sendiri yang rugi. Ini bukan saja urusan makan gratis, tapi juga mempererat hubungan dengan orang lain. Kalau maslah tata karma makan alias table manners jadi kendala, kini saat yang tepat untuk mempelajarinya !

Ada dua jenis jamuan makan yaitu …
• Prasmanan atau buffet
Disini, semua hidangan akan disajikan di meja makan panjang dan Anda harus mengambil sendiri makanan yang Anda inginkan. Biasakan untuk antre saat mengambil makanan. Ambilah makanan dengan porsi secukupnya dan jangan terlalu banyak. Anda bisa mengambilnya berulang kali bila ternyata Anda menyukainya. Jamuan makanan seperti ini bisa dilakukan sambil duduk atau berdiri.

• Dilayani atau served.
Jamuan seperti ini dilakukan sambil duduk. Pelayanlah yang akan melayani Anda makan dan minum.

Serbet
Letakkan serbet di atas pangkuan (bukan di dada) sebelum makan apa pun yang tersedia. Kalau makan di restoran, biasanya Anda boleh langsung melakukannya terlebih dahulu. Serbet hanya digunakan untuk menyeka mulut, jangan menyeka mulut dengan penuh semangat. Ingat, serbet ini juga tidak boleh dipakai untuk mengelap peralatan makan, keringat, atau hidung

Tata cara makan ala barat
Yang Mana Dulu?
Banyak orang yang panik menghadapi sederet peralatan makan. Tak usah panik. Biasanya peralatan makan diatur berdasarkan urutan menu. Pisau atau sendok untuk alat makan hidangan utama diletakan di sebelah kanan piring. Sedangkan peralatan untuk sup dan salad diletakkan di sebelah kanannya lagi. Tidak terlalu rumit, bukan? Ingat, kuncinya: gunakan peralatan makan mulai dari urutan sebelah luar ke dalam.

Peganglah Senajata Anda dengan Tepat!
Peganglah garpu dan pisau di ujung tangkainya. Jepitlah garpu dengan ibu jari dan telunjuk tangan kiri pada ujung tangkainya. Ketiga jati lainnya berfungsi menahan tangkai garpu di bagian bawah. Peganglah pisau dengan cara yang sama menggunakan tangan kanan.

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]