Friday, August 21, 2009

membina hubungan dengan rekan kerja

Kunci membina hubungan

1. Junjunglah tata krama. Jangan mentang-mentang Anda melihat seorang rekan berpembawaan ceria dan supersantai, Anda lantas berbicara dengan seenaknya! Imbangi sikapnya yang menyenangkan, tapi tetaplah bersikap sopan.

2. Bertemanlah dengan banyak orang, pria maupun wanita. Teman-teman adalah tempat berbagi stres dan berdiskusi tentang pekerjaan yang menyenangkan.

3. Bila Anda diminta memberi pandangan atau mengkritik pekerjaan seorang rekan kerja, lakukanlah secara objektif. Maksudnya, nilailah pekerjaannya dan jangan melenceng ke hal-hal yang bersifat pribadi.

4. Bila ada rekan kerja yang curhat karena sedang ditimpa masalah, Anda tidak dilarang memberi nasihat. Tapi, ini bukan berarti Anda harus memecahkan masalahnya, lho!.

5. Bergaullah sesuai dengan kepribadian dan nurani Anda. Jangan ikut-ikutan tidak suka pada seseorang hanya karena ingin bergabung dengan kelompok tertentu. Bersikap netral dan ramah anda tindakan yang paling aman dan tidak menuai konflik.

6. Tak perlu ribut gara-gara berbeda pendapat atau kebiasaan. Perbedaan adalah hal yang wajar. Tidak ada individu yang sama, bukan? Nah, hormatilah perbedaan itu
Hati-hati!

• Punya rekan kerja yang berbeda jenis kelamin dan sudah berkeluarga tentu saja tidak dilarang. Tetapi untuk mencegah gosip miring atau penilaian orang lain yang keliru, usahakan untuk membina hubungan secara transparan dan tidak sembunyi-sembunyi. Sedapat mungkin hindari pertemuan di ruang tertutup berduaan saja, atau mengobrol berduaan berlama-lama di tempat yang sepi. Ajak rekan kerja lain untuk nimbrung. Selain terbebas dari prasangka buruk, obrolan pun dijamin tambah seru!

• Kalau bos sedang tidak ada di kantor, jangan mudah terpengaruh rekan-rekan yang mungkin langsung bersantai dan agak mengesampingkan pekerjaannya.

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]